Andi Chess

Robert James Fischer si manusia ajaib dari papan catur yang biasa dikenal dengan nama Bobby Fischer, juara dunia catur 1972, adalah seorang grandmaster yang anggun, yang mempunyai pendekatan klasik terhadap catur, namun amat bening bagaikan kristal.

Bobby Fischer adalah legenda catur dunia, seorang pemain posisi yang unik dan pandai memanfaatkan psikologi lawan. Ia selalu dipersenjatai dengan gagasan baru dan sebaliknya sulit dibuat terkejut. Dan terutama secepatnya mendapatkan sedikit keunggulan posisi, ia mulai bermain bagaikan sebuah mesin. Fischer adalah contoh pertama pemain catur yang paling berhasil. Ia begitu berhasil menempa dirinya sekeras dan sekuat batu granit.

Bagaimana partai Tonggak kemunculan Sang Legenda, Bobby Fischer, beritanya bisa dibaca di sini dan video partai ini dapat ditonton di sini

TIPS BAGI PECATUR PEMULA ALA ANDI CHESS CHANNEL

  1. Kuasai petak pusat.
  2. Kembangkan perwira sedini mungkin.
  3. Lakukan rokade secepatnya untuk mengamankan raja, sehingga bisa lebih fokus ke serangan.
  4. Posisikan kuda di bagian tengah papan catur, atau di petak yang dapat mengancam pertahanan lawan, kuda memiliki kelebihan, yaitu daya serang yang luas dan lebih sulit diprediksi lawan.
  5. Aktifkan atau susupkan raja, apabila permainan mengarah ke permainan akhir.
  6. Jangan ragu melakukan pengorbanan kualitas, apabila mengarah ke skakmat atau menang posisi yang ujungnya mendatangkan keuntungan yang besar.
  7. Pelajari dan kuasai langkah-langkah Bobby Fischer di semua video di channel Andi Chess, karena semua partai yang disajikan adalah partai mini dilengkapi analisis, sehingga dapat membantu kalian memenangkan permainan sesegera mungkin.  Hal ini dapat menghemat tenaga kita, apabila mengikuti turnamen yang harus bermain 3 – 4 babak setiap harinya. Sayang sekali, kalau kita kalah hanya gara-gara faktor kelelahan.

Saya adalah salah satu penggemar Bobby Fischer, dan partai-partai terbaiknya, telah saya buatkan videonya di channel youtube, Andi Chess, silahkan tonton video lengkapnya di sini . Jangan lupa, like, dan subscribe ya teman-teman, salam Gens Una Sumus. Terima kasih.