Robot HP

ROBOT HP

Andi Hasad
Program Studi Teknik Elektronika
Fakultas Teknik, Universitas Islam 45 (UNISMA)
Jl. Cut Meutia No. 83 Bekasi 17113
Telp. +6221-88344436, Fax. +6221-8801192
Website: andihasad.com, Email: andihasad@yahoo.com

Peneliti Kanada  mencoba mengintegrasikan robot dalam kehidupan kita sehari-hari. Robot tersebut dapat menari, menangis dan melakukan aktivitas layaknya manusia dengan ponsel (HP) sebagai badan dan wajahnya. Robot, yang disebut Callo dan Cally, adalah Robot  ponsel dengan anggota badan.

Cally berdiri sekitar 7 inci tinggi,  berjalan, menari, dan dapat meniru perilaku manusia sedangkan Callo berdiri sekitar 9 inci  dan wajahnya, yang merupakan tampilan layar ponsel, mampu menunjukkan ekspresi wajah manusia ketika ia menerima-mengirim pesan teks. Ketika sedang menerima sinyal emoticon senyum, Callo berdiri di atas satu kaki, melambaikan kedua lengannya dan tersenyum. Jika ia menerima sinyal emotion berkerut, bahunya kemerosotan dan dia akan menangis. Jika ia mendapat pesan darurat, atau yang benar-benar sedih, dia akan melambaikan tangannya dengan panik.

Ji- Dong Yim, seorang mahasiswa PhD di bidang seni dan teknologi interaktif di Universitas Simon Fraser  di Vancouver, Kanada, mengatakan pada dasarnya sistemnya sederhana. Robot dapat berkomunikasi satu sama lain, misalnya saat tuan mereka berada dipanggilan video.

“Bila Anda memindahkan robot, robot saya akan memindahkan hal yang sama, dan sebaliknya, sehingga kita bisa berbagi perasaan emosional menggunakan ‘fisik pintar’ ponsel robot,” katanya dalam rilis SFU.

Robot, yang terbuat dari bagian ponsel Nokia N82 dan komponen dari kit robot Bioloid, dapat mendeteksi wajah manusia menggunakan perangkat lunak OpenCV. Cally bahkan dapat melacak ekspresi wajah pengguna ‘saat panggilan telepon’.Robot dapat diprogram untuk bergerak dengan cara tertentu ketika menerima panggilan dari nomor telepon tertentu.

Konsep yang sama dapat digunakan untuk membuat robot penolong lain berkomunikasi dengan orang lain dan membangun keintiman jangka panjang dengan mereka, kata peneliti tersebut.
sumber : Popular Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s